MPLS Kelas 1

 


📅 HARI KE-1: Selamat Datang di Kelas 1!

Tujuan: Membangun rasa aman dan sambutan hangat.

Kegiatan:

  1. Penyambutan Ceria

    • Guru menyambut anak dengan senyum, musik lembut, dan sapaan nama.

    • Anak ditemani orang tua masuk ke kelas.

  2. Bercerita: “Hari Pertamaku Sekolah Dulu” (Guru)

    • Dilanjutkan dengan anak menyebutkan perasaannya (senang, gugup, penasaran, dll).

  3. Permainan Nama: “Lempar Bola Nama”

    • Anak menyebut nama sendiri dan nama teman yang dituju.

  4. Mengenal Kelas dan Peraturan Dasar

    • Mengenal kursi, tempat tas, tempat cuci tangan, dan papan kelas.

    • Peraturan kelas sederhana disampaikan lewat cerita atau lagu.

  5. Lagu Penutup + Refleksi Singkat

    • “Aku senang belajar di sini…”

    • Anak menyebutkan satu hal menyenangkan hari ini.


📅 HARI KE-2: Teman Baruku, Sekolah Baruku

Tujuan: Mengenal teman, guru, dan lingkungan sekolah.

Kegiatan:

  1. Senam Pagi Ceria

    • Gerakan sederhana sambil menyebut nama teman.

  2. Tur Sekolah Bermisi: “Jelajah Ceria”

    • Mengunjungi ruang guru, toilet, UKS, perpustakaan, kantin.

    • Anak membawa “Kartu Misi” dan mendapat stiker setiap selesai kunjungan.

  3. Bercerita dan Menggambar: “Teman Sekolahku”

    • Anak menggambar diri dan teman barunya.

  4. Permainan Edukatif: “Tebak Fungsi Ruangan”

    • Guru menunjukkan gambar, anak menebak fungsi dan etika di tempat itu.

  5. Refleksi Emosi: “Hari Ini Aku…”

    • Anak memilih gambar ekspresi wajah untuk menunjukkan perasaannya.


📅 HARI KE-3: Kelasku, Rumah Belajarku

Tujuan: Mengenalkan rutinitas, tanggung jawab, dan nilai-nilai kelas.

Kegiatan:

  1. Diskusi Interaktif: “Apa Itu Kelas?”

    • Guru bertanya: Apa yang bisa kita lakukan bersama di kelas?

  2. Membuat “Peraturan Kelas Kita”

    • Diskusi: Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan?

    • Anak menghias peraturan (gambar/lambang sederhana).

  3. Membuat “Tugas Harian Kelas” (Piket Mini)

    • Anak memilih tugas ringan: merapikan meja, menyiram tanaman, dll.

  4. Mindfulness Singkat: “Tarik Napas Seperti Balon”

    • Melatih kesadaran dan ketenangan.

  5. Membuat “Lencana Murid Hebat”

    • Anak mewarnai lencana bertuliskan “Aku Anak Hebat Kelas 1”.


📅 HARI KE-4: Aku Hebat dan Bisa!

Tujuan: Mengenali potensi diri dan menumbuhkan kepercayaan diri.

Kegiatan:

  1. Senam “Ayo Semangat!”

    • Gerakan sambil menyebut kalimat motivasi: “Saya bisa! Saya hebat!”

  2. Cerita Inspiratif: “Si Kelinci yang Tak Menyerah”

    • Diskusi: Apa yang bisa kamu lakukan dengan baik?

  3. Kegiatan “Aku Hebat”

    • Anak menggambar atau menulis (dibantu guru):
      “Aku bisa…” (contoh: menolong teman, merapikan meja, menyanyi).

  4. Galeri Mini: “Pameran Hebat Kelas 1”

    • Karya anak dipajang, semua melihat dan saling memberi tepuk semangat.

  5. Refleksi Harian + Afirmasi Positif

    • “Hari ini saya belajar bahwa saya bisa…”


📅 HARI KE-5: Harapanku di Kelas 1

Tujuan: Menanamkan semangat dan harapan positif.

Kegiatan:

  1. Ice Breaking Lagu Ceria + Gerak

    • Lagu “Kalau Kau Senang Hati, Tepuk Tangan...”

  2. Membuat “Daun Harapan”

    • Anak menulis/ menggambar harapannya di kelas 1.

    • Ditempel di “Pohon Harapan Kelas Kita”.

  3. Membuat Topi atau Mahkota “Murid Kelas 1”

    • Anak menghias topi kertas, bertuliskan namanya.

  4. Upacara Mini: “Kami Murid Kelas 1 Siap Belajar”

    • Anak menyatakan komitmen sambil memakai topi buatan sendiri.

  5. Penutupan dan Penghargaan

    • Setiap anak mendapat “Sertifikat Hebat Minggu Pertama”
      (bisa disederhanakan dengan stempel jempol dan pesan pribadi dari guru)


Catatan Penting:

  • Semua kegiatan dapat dimodifikasi sesuai karakter kelas.

  • Gunakan media visual, lagu, dan permainan untuk menjaga keterlibatan siswa.

  • Libatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan untuk membangun rasa memiliki.


0 Response to "MPLS Kelas 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel